Call: (021) 82438539
Address: Cikunir Raya, Bekasi Selatan
blog img

Contoh berita acara mobilisasi alat berat. Berita acara memuat gambaran besar terhadap apa yang terjadi selama event berlangsung. Berita acara biasanya dibuat untuk acara rapat, peradilan dan urusan resmi lainnya. Berkas ini haruslah menggunakan bahasa indonesia yang resmi dan lugas. Gaya bahasa haruslah padat namun jelas. Apapun yang tertera di dalamnya haruslah sesuia realita di lapangan. 

Cara Membuat Berita Acara

Ada beberapa bagian yang membangun surat resmi ini diantaranya adalah

Kop Surat yang berisi identitas perusahaan, organisasi atau instansi yang membuat surat tersebut. Di dalam kop berisi logo, nama instansi, alamat lengkap dan kontak yang bisa dihubungi. Selain itu identitas surat seperti nomor, tahun dan perihal pembuatannya harus dicantumkan. 

Isi  atau badan teks. Bagian ini mengandung beberapa paragraf yang mencakup hal penting seperti keterangan waktu, identitas pihak yang terlibat, dan keterangan. 

Penutup  adalah bagian paling bawah surat yang menerangkan waktu pembuatan surat dan pihak yang bertanggung jawab.

Contoh Berita Acara Mobilisasi Alat Berat

KONTRAKTOR MEKANIKA PRIMA

Jl. Gunung Batu Putih No 35 Makassar

Narahubung : 089 786 7889

Nomor : 277/BA/KMP/XI/2022     Makassar, 29 November 2022

Perihal : Berita Acara Mobilisasai Excavator

Pada hari ini Selasa, 29 November 2022 bertempat di kantor pusat PT. Kontraktor Mekanika Prima telah dilakukan penyerakan satu buah Alat Excavator Tipe PC 50 Merk Komatsu kepada CV Adijaya Compeny sebagai pihak ekspedisi. Proses mobilisasi dilakukan oleh:

Nama :  Zulkhulafair Muchtar, M.BA

Jabatan : Direktur PT. Kontrkator mekanika Prima

Alamat : Jalan Muhamammad Tahir No 139, Kelurahan Bongaja, kecamatan Tamalate Kota Makassar

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

Nama : Dr. Muhammad Alif Almubarak, Lc

Jabatan : Head Officer Logistik

Alamat : Jalan Kebayoran baru no 337, jakarta Pusat

Selanjutnya  disebut sebagai Pihak Kedua

Pihak kedua menyatakan telah menyerahkan satu unit alat Excavator Tipe PC 50 untuk dimobilisasi oleh pihak kedua. Tujuan mobilisasi adalah Desa Macege, Kelurahan Rijang Panua, Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. 

Pihak kedua telah menerima sebuah unit alat bermerk Komatsu Excavator tipe PC 50 dalam keadaan baru dan tanpa cacat sedikit pun dari pihak pertama.  Pihak kedua bertanggun jawab memobilisasi alat berat tersebut hingga ke alamat tujuan dengan aman. 

Demikian berita acara mobilisasi alat berat ini dibuat untuk selanjutnya dijadikan pegangan bagi kedua pihak. Ditandatangi di atas materia 10.000 dan berkuatan hukum bagi kedua pihak sesuai regulasi yang berlaku.  Surat ini dibuat rangka dua sebagai pegangan masing-masing pihak. 

Pentingnya Surat Berita Acara untuk Kebutuhan Proyek

Nah ini hanya salah satu contoh format saja ya. Tidak ada aturan pakem mengenai berita acara. Umumnya persuratan resmi ini dirancang sesuai kebutuhan pihak instansi, perusahaan hingga organisasi. Desainnyapun beragam. Yang paling penting komponen dasar di dalalmnya termuat untuk menjelaskan kondisi barang di lapangan. 

Urgensi keberadaan berita acara dalam mobilisasi alat dengan bobot masif adalah memastikan pekerjaan mengirim unit tersebut ke tujuan dilakukan secara profesional. Bukti kongkrit kondisi awal barang saat diterima tertulis jelas dalam surat. Pihak terkait bisa mengecek kecocokan kondisi setelah tiba di tujuan, jika ditemukan ketidaksesuaian maka pihak pertama bisa mengklaim kerugian dan tanggung jawab pada pihak kedua.

Oleh karena itu, setiap proyek harus ada berita acara yang mengikat pihak yang menjalankan proyek dan pihak penyedia alat berat. Hal ini nantinya akan memperjelas mana saja yang menjadi tanggung jawab kedua belah pihak. Selain itu, contoh manfaat surat berita acara mobilisasi alat berat yaitu kita bisa mengetahui yang harus kita lakukan dari kedua belah pihak.

Leave a Reply