Call: (021) 82438539
Address: Cikunir Raya, Bekasi Selatan
blog img

Perbedaan Truk Tronton dan Kontainer – Para pelaku usaha terutama mereka yang bergerak di bidang pendistribusian barang, tentu sudah mengerti, bahwa truk adalah salah satu bagian penting dalam mendukung usahanya. Dengan jumlah muatan yang besar, pendistribusian barang yang di jual pada jumlah tertentu ataupun besar dapat dikerjakan di waktu yang singkat.

Walaupun kendaraan besar ini sudah kerap di lihat bahkan mungkin saja digunakan. Namun masih banyak yang belum mengerti bila truk mempunyai tipe atau jenis yang berbeda. Setiap keperluan yang berbeda tak dapat disamakan dan menggunakan truk yang sama.

Ada cukup banyak type truk bisa memuat banyak barang ini. Semuanya bisa dibedakan dari jumlah maksimal dari muatan, berapa roda yang digunakan, berapa kuantitas dari sumbu, bukan Cuma itu, bagian depan atau yang biasa disebut kepala truk juga bisa menjadi pembeda antara truk satu dengan yang lainnya.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan 2 kategori dulu. Yakni, apa yang membedakan truck container dengan truk tronton.

Perbedaan Mendasar Truk Tronton dan Kontainer

  1. Truk Tronton

Truk yang kita maksud ini adalah jenis kendaraan besar merupakan jenis kendaraan yang memiliki roda berjumlah 10 dan juga memiliki 3 as. Kendaraan yang terlihat kokoh ini mampu memuat barang kurang lebih 30 kubikasi sampai dengan seberat sepuluh ton.

Ada alasan kenapa kendaraan Berjenis Tronton ini mudah ditemui di tempat umum dan begitu mudah ditemukan oleh para pengguna jalan tidak lain disebabkan karena fungsi serta kemampuannya, dengan dimensi yang tak terlalu besar, kendaraan jenis ini mampu memasuki jalan yang bisa terbilang tak luas.

Jumlah Roda pada kendaraan besar berjenis tronton mempunyai komposisi 2- 4-4 dimana bila diuraikan yaitu 2 roda untuk di kepala truk,  4-4 ditempatkan pada belakang kendaraan, sedangkan untuk sumbu, pada kendaraan tipe ini menggunakan 3 sumbu, jadi singkatnya, kendaraan bertubuh besar ini umumnya menggunakan 10 ban.

Dalam hal kapasitas muat barang, Truck jenis ini  bisa mengangkut berbagai jenis barang dengan kapasitas kurang lebih 10 ton sampai dengan maksimal 20 ton, hal inilah yang menyebabkan para pebisnis senang menggunakan truk jenis tronton ini, karena selain ukuran kendaraan yang tidak terlalu besar, disamping itu harga sewa atau pembelian truk tronton jauh lebih murah dan terjangkau dibanding jenis yang lainnya.

Truk Tronton biasanya digunakan untuk memuat alat berat, barang barang pangan, keperluan rumah tangga yang penyaluran akan di distribusikan ke daerah yang berada di dalam negeri. Selain itu, truk jenis ini juga seringkali terlihat di tempat yang terkena bencana, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan mampu mengangkat barang yang cukup banyak, truk tronton adalah salah satu pilihan tepat untuk segala bentuk keperluan.

  1. Truk kontainer

Sedangkan untuk Truk kontainer, kendaraan besar ini memiliki fungsi untuk pengiriman dan penerimaan barang dari luar negeri ke dalam negeri, atau sebaliknya. Dengan kapasitas yang luas, Truk Kontainer atau yang biasa disebut dengan truk peti kemas ini menjadi pilihan untuk penyaluran dan penerimaan barang.

Truk peti kemas memiliki rangka yang sangat kokoh dan didesain sedemikian rupa. Hal tersebut diperlukan agar  peti kemas  yang besar bisa di muat dalam perjalanan.

Truk peti kemas memiliki jenis yang yang berbeda. Ada yang 20ft dan juga yang 40 ft. Semua itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan, semakin banyak barang yang akan didistribusikan, maka semakin besar pula container yang diperlukan.

Truk peti kemas jarang terlihat di jalan jalan umum apalagi jalan sempit, alasannya selain karena kapasitas dan ukurannya yang besar, Truk jenis ini lazim terlihat di pelabuhan atau tidak jarang juga di jumpai di bandara bandara yang digunakan untuk pendistribusian barang, baik yang masuk ataupun keluar negeri.

Ukuran Peti Kemas Kontainer

Truk peti kemas jenis ukuran 20ft ini memiliki dimensi dalam sekitar 5,92 meter, dan tinggi sekitar 2,38m. Jadi luas barang yang bisa dimuat sekitar 33 meter kubik. Truk Kontainer jenis ini adalah ukuran standar ISO.

Selain ukuran 20ft, Truk Peti Kemas atau Kontainer ini juga memiliki jenis 40ft. Kendaraan super besar ini memiliki tinggi 9,6ft, dengan lebar 8 ft, sedangkan untuk panjangnya sekitar 12,19 meter dan lebar 2,44 meter. Sedangkan untuk ukuran dalam, truk jenis ini memiliki lebar 2,31 meter, ukuran panjangnya 12,4 meter, dan untuk tinggi 2,59 meter.

Truk peti kemas jenis 40ft memiliki kapasitas daya tampung sekitar 76 meter cubic, sedangkan untuk berat bersih yang mampu diangkut bisa sampai dengan 30 ton.

Demikian artikel kali ini, semoga informasi ini bermanfaat dan sedikit paham mengenai perbedaan truk tronton dan container.